Benarkah Karir Orang Jujur Sering Terhambat?


Judul ini sengaja dibuat tendensius. Soalnya, kita sering mendengar orang-orang mengatakan jika mereka yang tidak jujur malah mendapatkan kesempatan dan karir yang lebih baik. Sebaliknya, orang-orang jujur dan baik malah tersingkir. Faktanya tidak semua orang yang karirnya bagus adalah orang-orang yang tidak jujur. Mungkin memang ada orang tidak jujur yang karirnya cemerlang. Tetapi, keliru jika mengira bahwa ketidakcemerlangan karir kita terjadi karena kita memilih menjadi orang yang jujur. Bukan. Bukan karena kita jujur karir kita tidak berkembang. Justru dengan kejujuran itu kita bisa mendapatkan karir yang bukan sekedar membumbung tinggi, tetapi juga bernilai martabat tinggi. Jujur itu baik. Dan kita bisa membangun karir yang baik dengan landasan kejujuran.

Bayangkan Anda sedang berada dalam sebuah balapan lari marathon. Anda berpacu dengan para pesaing tangguh. Jika sambil berlari Anda memanggul sekarung pasir di pundak; bukankah peluang Anda untuk menang menjadi semakin kecil? Pikiran negatif, dan perasaan kesal Anda kepada orang lain itu tidak ubahnya seperti sekarung beban berat. Persaingannya sendiri sudah sangat sengit. Memelihara perasaan kesal karena memikirkan ketidakjujuran orang lain dalam bersaing sama artinya dengan melemahkan daya saing kita. Sebaliknya, kita akan semakin efektif dalam bersaing jika hati dan perasaan kita tidak dibebani oleh hal-hal seperti itu. Sayangnya, banyak orang yang tersiksa oleh ketidakjujuran orang lain. Lalu menjadikannya sebagai kambing hitam atas kegagalan yang dideritanya. Bagi Anda yang tertarik menemani saya belajar menyikapi ketidakjujuran lingkungan, saya ajak memulainya dengan memahami 5 prinsip Natural Intelligence berikut ini:

Baca Selengkapnya …

Pertarungan Gigant SAP-Oracle Benturan antara Aji Pamungkas Inovasi versus Racun Pamungkas Akusisi


Repost :

oleh: Ferizal Ramli

(*** Tulisan ini terinspirasi dari Legenda Kisah Silat Legendaris di Tanah Jawa yang dibukukan dalam „Babad Pusaka Nogososro dan Sabukinten“ karya SH Mintaradja yang dilustrasikan dalam coretan grafis oleh Kentardjo)

Konon khabarnya dahula kala tersebutlah beberapa perusahaan jawara di tanah Perdikan Industri Standard Software atau ERP (Enterprise Resource Planning). ERP/Standard Software bahasa gampangnya adalah software yang diimplementasikan untuk kegiatan operasional perusahaan.

Dengan menggunakan ERP maka perusahaan bisa meng-komputerisasikan seluruh aktivitas bisnisnya yang mencakup seluruh aspek: akuntansi, logistik, SDM, supply chain management, strategy management sampai pada integrasi data base dan business intelligent. Jika sampiyan sulit mengingat kata-2 ajaib tsb maka lupakan aja, ndak usah dihapal, lha wong ndak keluar kok dalam ujian, hi…, hi… :p

Menurut wangsit (baca: hasil scientific market riset) dari Sang Resi yang bernama “AMR Research” Marketing Consultant, yang ditulis dalam serat elektronik Babat: Market Analytics Report: Enterprise Resource Planning, 2004-2009, tersebutlah beberapa Jawara terkenal di tanah Perdikan industri ERP, yaitu SAP, Peoplesoft, Oracle, Sage, Microsoft Business Solution, SSA Global dan lainnya.

Bagaimanakah cerita hidup mati para jawara tersebut dalam mempertahankan eksistensinya di dunia persilatan kompetisi berdarah untuk menjadi market leader? Dari sinilah lakon dari sebuah kisah dimulai¦

XXX

Baca Selengkapnya

Mengenal lebih jauh tentang Throughput dan bandwith


Alkisah …
Di kantor seorang kawan telah memakai leased line/dedicated line untuk koneksi internetnya, tapi dia tidak habis pikir mengapa kadang kala di waktu-waktu tertentu untuk mengakses situs web mail gratisan seperti mail.yahoo.com saja kecepatannya kalah dibanding jika memakai dial-up biasa di rumahnya pada malam hari. Padahal leased-line yang dipakainya memiliki bandwidth 64 kbps, baik untuk up stream mau pun untuk down stream. Mengapa bisa begitu?

Wajar kalau kawan kita bingung dengan kecepatan koneksi internetnya yang tidak sesuai dengan bandwidth yang dilanggannya. Padahal sesuai dengan iklan penawaran leased-line yang dia lihat, secara teoritis kecepatannya akan lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan dengan koneksi dial-up biasa. Tetapi mengapa suatu saat tertentu kecepatan koneksinya kadang lebih lambat dari pada dial- up ? Itu karena selain konsep bandwidth, terdapat konsep lain yang mempengaruhi kecepatan aliran data dalam jaringan, yaitu Throughput.
Baca Selengkapnya …

Alasan resign yang diplomatis …


Alkisah ada seorang engineer bernama Prayitno,ST yg bekerja di pabrik manufaktur elektronik Jepang, ni orang baru aja lolos tes perusahaan BUMN yg mengelola gas alam (jelas gede duitnya) dan mau resign, berikut ini perdebatannya dengan manajer, kita singkat aja ya,

manajer = M, dan prayitno = P

M = edan kowe yo prayitno, lagi S-2 dah mau resign, dimana morality kamu?
P = morality saya ikut berlari bersama morality perusahaan, yg nyuruh karyawannya lembur2 melebihi aturan pemerintah ampe sakit tapi tunjangan kesehatan gak full

M = sebenernya mau kamu apa? dimana-mana kerja itu sama. Saya udah menjalani 2 company sebelum ini..
P = karena kerja dimana2 itu sama, makanya saya gak ragu resign pak, wong sama aja kok, Cuma rewardnya yg beda tho…. ya saya pilih yg rewardnya lebih

M = kenapa kmu gak mencoba profesional disini aja, klo alasannya reward, kan nanti karir serta salary kamu juga bakal naik kalo kamu bertahan
P = kenapa saya harus nunggu, klo ada company yg nawarin itu sekarang?

M = tapi sayang sekali, saya pandang kmu yg paling berpotensi diantara yg lain
P = bapak udah ngomong gitu ke semua engineer yg resign sebelum saya

M = tidak, ini serius, kmu memiliki potensi besar, disini kmu bisa sukses! daripada kmu memulai lagi dari bawah di company lain yg blum ketauan ntar disana kmu bakal sukses ato gak
P = disini juga sama aja saya blum tau bakal sukses apa gak, wong namanya masa depan kok. Sama2
gak ketauan, tapi yg satu awalannya lebih baik, ya pilih yg lebih baik donk……

M = maksud kmu lebih baik itu apa? money? uang itu bukan segala2nya
P = klo emang begitu ngapain company costdown gaji saya, apa artinya uang segitu untuk mempertahankan eksistensi engineer
Baca Selengkapnya …

Kisah Istri Teladan


 Ini adalah suatu kisah semoga bisa diambil pelajaran oleh kita semua..

(diceritakan oleh seorang akhwat)

Sore itu, menunggu kedatangan teman yang akan menjemputku di masjid ini seusai ashar…. seorang akhwat datang, tersenyum dan duduk disampingku, mengucapkan salam, sambil berkenalan dan sampai pula pada pertanyaan itu. “anty sudah menikah?”. “Belum mbak”, jawabku. Kemudian akhwat itu .bertanya lagi “kenapa?” hanya bisa ku jawab dengan senyuman.. ingin ku jawab karena masih kuliah, tapi rasanya itu bukan alasan.

“mbak menunggu siapa?” aku mencoba bertanya. “nunggu suami” jawabnya. Aku melihat kesamping kirinya, sebuah tas laptop dan sebuah tas besar lagi yang tak bisa kutebak apa isinya. Dalam hati bertanya- tanya, dari mana mbak ini?, Sepertinya wanita karir. Akhirnya kuberanikan juga untuk bertanya “mbak kerja dimana?”, entahlah keyakinan apa yg meyakiniku bahwa mbak ini seorang pekerja, padahal setahuku, akhwat-akhwat seperti ini kebanyakan hanya mengabdi sebagai ibu rumah tangga.

“Alhamdulillah 2 jam yang lalu saya resmi tidak bekerja lagi”, jawabnya dengan wajah yang aneh menurutku, wajah yang bersinar dengan ketulusan hati.

“kenapa?” tanyaku lagi.

-Baca Selengkapnya>

Menyejukkan Hati


Malam belum begitu larut. Seorang istri menunggu suaminya pulang kerja. Membantu sang buah hati mengerjakan PR. Terdengar suara motor. Pertanda suaminya telah pulang. Disambut dengan penuh suka cita. Berebut menyambut kedatangannya. Wajahnya terlihat letih dan lelah. Sepanjang hari pekerjaan menumpuk. bukan senyuman yang didapat. Suami itu membentak istrinya. Istrinya membalas dengan senyuman. mencium tangan suami tercinta. ‘Ayah, sudah saya siapkan air hangatnya,’ kata istrinya.

Suaminya bergegas mengambil handuk. Suaminya terheran. Bentakannya dibalas dengan senyuman. Setelah usai mandi dan sholat. Letih dan penat telah hilang. Suami menghampiri istrinya. Ditelinga membisikkan kata, ‘Mah, maafin ayah ya..’  Suami istri itu saling berpandangan. Anaknya memeluk ibundanya dari belakang. Terdengar suara tertawa riuh. Air mata itu mengalir. Terasa damai dihati.

Ketika kita melakukan perbuatan baik tetapi dibalas dengan cacian, berarti kita telah memasuki gerbang maaf, ikhlas, cinta dan kasih sayang. Maka tersenyumlah sebab keikhlasan adalah anugerah yang terindah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena Allah menempatkan diri kita pada derajat sebagai kekasihNya. Kemampuan kita untuk menyejukkan hati membuat keluarga menjadi indah. ‘Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS. an-Nahl : 128). (M. Agus Syafii)

Akhirnya Nokia Menikah dengan Microsoft …


Nokia Resmi Gandeng Windows Phone 7
Fino Yurio Kristo – detikinet


Smartphone Nokia (ist)

Jakarta – Rumor bahwa Nokia bakal menggandeng OS Windows Phone 7 (WP 7) ternyata benar. Vendor asal Finlandia ini resmi mengumumkan kerja sama dengan Microsoft untuk membuat perangkat WP 7, dalam upayanya melawan Google Android dan iPhone.

Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (11/2/2011), Nokia menyatakan akan menggunakan WP 7 sebagai platform software di smartphonenya. WP 7 dipuji beberapa pihak sebagai OS yang bagus meski belum mendapat tanggapan yang cukup besar dari konsumen.

“Nokia dan Microsoft akan mengkombinasikan kekuatan untuk mengantarkan sebuah ekosistem dengan skala dan jangkauan global yang tidak tertandingi,” demikian kata Stephen Elop, CEO Nokia dalam keterangan persnya.

“Saya bergairah terhadap kemitraan dengan Nokia. Kemitraan yang diumumkan hari ini menyediakan skala luar biasa, keahlian yang besar dalam inovasi software serta hardware dan kemampuan untuk mengeksekusi yang telah terbukti,” ucap Steve Ballmer, CEO Microsoft.

Di samping mengumumkan persekutuan dengan Microsoft ini, Nokia memastikan akan tetap mengandalkan jajaran manajemennya yang lama, dengan hanya seorang eksekutif akan pergi. Sebelumnya sempat ada kabar bahwa Nokia bakal merombak jajaran petingginya.
( fyk / ash )