Memproyeksi Kebutuhan Hardware Database Server

Hari ini iseng-iseng belajar mengenai bagaimana cara menghitung kebutuhan perangkat keras server database di masa mendatang.

Dengan menggunakan OS Windows Server dan SQL Server, saya pun mencoba pengetahuan baru dari salah satu buku yang sedang saya baca.

Bagi Anda yang menggunakan Windows Server 2003 (maupun 2008) tentu sudah mengenal salah satu Administrative Tools yang bernama Performance (System Monitor). Dari tool ini, kita bisa melihat beberapa measurement yang dapat digunakan untuk memproyeksi kebutuhan perangkat keras server kita di masa mendatang. Berikut beberapa parameter yang bisa dijadikan acuan dalam pengukuran tersebut:



Disini kita bisa menetapkan beberapa baseline yang bisa dijadikan acuan pengukuran, misalnya setiap 10 menit kita mengambil data % CPU Time dan Memory-Pages/sec di waktu-waktu terpadat pengaksessan database oleh user.

Kita juga bisa menyimpan statistik tersebut ke dalam format excel untuk kemudian melakukan proyeksi growth trend, bahkan kita bisa membuat line chart yang ditambahkan perintah Add Trendline untuk melihat proyeksi data tersebut di waktu-waktu tertentu di masa mendatang.

Selain itu, kita juga bisa melakukan penghitungan sederhana untuk menghitung pertumbuhan penggunaan resource server komputer dalam periode waktu tertentu. Dalam hal ini, ada 2 jenis penghitungan yang bisa digunakan: Linear Growth dan Geometric Growth.

Linear Growth:

Penggunaan masa depan = penggunaan saat ini + (jumlah penambahan * periode waktu)

Misalnya, saat ini SQL Server menghandle x transaksi per menitnya dan mengalami peningkatan sebesar y transaksi per menit setiap tahunnya, maka kita bisa memproyeksikan kebutuhan untuk z tahun ke depan seperti berikut:

Penggunaan masa depan (z tahun kemudian) = x + (y x z)

Geometric Growth:

Nah, kalau metode penghitungan ini bisa digunakan kalau kita memiliki rasio maupun persentase penggunaan database yang konstan.

Misalnya saat ini database kita berukuran 100 GB dan mengalami pertumbuhan sebesar 3% setiap bulannya, kita bisa mengukur berapa besar database kita 2 tahun kemudian (24 bulan) seperti berikut:

Penggunaan masa mendatang = penggunaan masa sekarang * (1 + rate pertumbuhan) ^ periode waktu

Penggunaan masa mendatang = 100 x (1 + .03) ^ 24

Penggunaan masa mendatang = 100 x (2.033) = 203 GB

Yah, semoga pengetahuan yang baru saya dapat ini juga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan.🙂

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s