Apa sih Design Pattern itu?

Secara singkat, Design pattern adalah sebuah solusi untuk mengulang masalah Design. Solusi ini telah dikembangkan, dikompile, dan disaring oleh programmer yang sebelumnya telah menghadapi masalah ini.

Sebuah Design pattern adalah salah satu jenis petunjuk yang menggunakan tipe “Jika Anda memiliki masalah ini, maka lakukan ini.” Hal tersebut serupa dengan sebuah algoritma : sebagai contoh, jika Anda ingin melakukan sebuah operasi pencarian pada sebuah daftar, Anda tidak perlu menyelesaikan dengan solusi Anda sendiri; terdapat beberapa algoritma yang  menyediakan fungsi sorting ini seperti pencarian biner. Perbedaan antara sebuah Design pattern dan sebuah algoritma adalah bahwa algoritma fokus pada implementasi solusi : sebuah algoritma biasanya mendaftar dari atas ke bawah menuju ke tahap akhir dari action-action yang terurut dimana yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah solusi. Sebuah pattern memusatkan untuk menghasilkan beberapa Design : Hal tersebut memberitahu kepada pengembang apa yang harus diperbuat sebagai lawan dari bagaimana cara melakukannya.

Mungkin tidak terlihat langsung hasilnya, tetapi Kita telah siap menggunakan beberapa Design pattern dalam pembahasan Kita sebelumnya. Satu, Kita telah belajar secara detail pattern dari Model-View-Controller : diberikan sebuah masalah interaksi gabungan yang begitu kompleks antara presentasi dan layer business, Hal itu menentukan pemisahan kode menjadi tiga layer terpisah seperti interaksi-interaksi mereka. Ingat, pattern itu sendiri tidak mendikte implementasi, hanya dijelaskan sebuah solusi Design. Kita harus melaksanakan pattern MVC manapun untuk Kita sendiri atau untuk menggunakan framework third-party.

Keuntungan Design pattern
Pengetahuan dalam Design pattern mempunyai beberapa manfaat yang nyata :
•  Memberikan komunikasi yang lebih baik antar programmer.  Mempunyai pengetahuan Design pattern memberikan programmer sebuah kosa kata baru yang dapat untuk mengekspresikan mereka sendiri kepada programmer. Sebagai ganti menguraikan sebuah masalah atau solusi secara detail, programmer dapat menyebutkan dengan mudah Design pattern yang relevan.
•  Menambah pengetahuan yang telah ada.  Mempunyai pengetahuan tentang Design pattern membiarkan Kita untuk menggunakan solusi dari programmer berbakat
sebelumnya.

Terdapat sangat banyak Design pattern yang telah didokumentasikan dimana Kita siap menambah gudang ilmu pengetahuan Kita. Pada pembahasan ini, Kita akan fokus pada Design pattern yang telah terbukti bermanfaat dalam pembuatan aplikasi web.

Nah, itulah yang dimaksud dengan design pattern. Mungkin kita memiliki kasus sebanyak 100 kasus, akan tetapi beberapa diantaranya atau banyak diantaranya sebenarnya adalah kasus yang mirip. Misalkan pencarian data, pembuatan laporan, proses CRUD, kardinalitas, dan sebenarnya ternyata kasus kita yang 100 buah tersebut ternyata hanyalah 5-10 kasus yang berbeda saja. Nah, jangan terlalu pusing dengan pembuatan desain sistem karena di dalam programming, kita memiliki jurus (baca:desain pattern) andalan masing masing yang ampuh dalam menyelesaikan masalah.

Ref :  Modul Jeni Materi 3 Bab 15 Design Pattern

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s