Hati-hati, Kantor Bisa Bikin Anda Sakit

Rutinitas kantor ternyata membawa beberapa dampak negatif bagi kesehatan. Bila tidak diatasi, pekerjaan dapat memicu penyakit ringan seperti pilek hingga penyakit berat seperti jantung dan gangguan emosional.

Agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik, berikut cara melakukan pekerjaan rutin dengan meminimalkan serangan penyakit, seperti dikutip dari Shine.

Meja kerja kotor
Toilet duduk di kantor rata-rata memiliki 49 jenis kuman per inci persegi. Desktop memiliki rata-rata 21 ribu kuman penyakit per inci persegi. Untuk menghindari infeksi kuman misalnya E. coli, bersihkan semua peralatan yang Anda gunakan bekerja, termasuk telepon dan keyboard komputer setiap hari.

Lingkungan menjemukan
Tidak banyak pemandangan alam  dan tanaman hijau yang bisa Anda nikmati saat di kantor.  Menurut penelitian University of Michigan di Ann Arbor, kantor yang memiliki tanaman hijau dalam pot memberikan ketenangan bagi para pekerja. Tingkat stres di lingkungan kantor dengan tanaman hijau juga lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak memiliki tanaman.

Duduk, membungkuk, mengetik
Posisi ini menyebabkan banyak ketegangan, terutama pada bagian bawah punggung. Posisi monoton selama berjam-jam juga rentan memicu stres. Shirley Archer, penulis ‘Fitness 9 to 5:Easy Exercises for the Working Week’ memberikan solusi untuk mencegahnya. Genggam tangan Anda di belakang punggung bawah, lalu angkat tangan  sejajar dada. Tahan selama beberapa detik dan lepaskan. Lakukan gerakan ini minimal sekali satu jam bila Anda harus sering duduk di depan komputer.

Camilan
Setiap karyawan sepertinya akrab dengan saling berebut camilan kue, biskuit dan gorengan yang ada setiap harinya di kantor. Untuk menghindari keinginan untuk mengemil tidak sehat di kantor, usahakan membawa makanan ringan sendiri seperti potongan buah dan sayur, yogurt atau makanan ringan bar buah-buahan.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s