Robot Bantu Dokter Bedah Operasi Jantung Manusia Yang Masih Berdetak

Jantung adalah salah satu organ penting bagi kehidupan manusia. Ketika jantung berhenti berdetak, artinya seorang manusia telah lepas dari kehidupannya. Tapi tak jarang pula di dunia kesehatan, ditemui banyak keluhan mengenai penyakit jantung yang diakibatkan oleh berbagai hal, salah satunya bisa jadi karena pola makan kita.

Tentu untuk bisa mengobati penyakit jantung adalah hal yang sangat sulit, bahkan untuk seorang ahli bedah sekalipun, mengoperasi jantung yang sedang berdetak sama artinya berjudi dengan nyawa seseorang. Hal tersebut bahkan bisa menyebabkan kematian.

Tapi tampaknya resiko tersebut mungkin suatu hari nanti akan dapat diminimalisir dengan adanya sistem bedah robotik yang kini masih terus dikembangkan oleh sejumlah peneliti di Montpellier Laboratory of Informatics, Robotics and Microelectronics di Perancis. Sistem robotik ini dipadukan dengan sistem 3D modelling yang mana dapat melacak gerakan jantung seperti detak jantung.

Bahkan nantinya sistem ini ditargetkan untuk dapat menyesuaikan hal-hal seperti gerakan dinding dada pasien ketika bernafas dan memprediksi gerakan dalam satu langkah saja. Ketika nantinya jantung dipasangkan dengan lengan robot ini, sistem akan beroperasi secara efektif membiarkan dokter bedah melakukan pekerjaannya untuk mengoperasi jantung. Tentu dengan adanya sistem operasi jantung ini nantinya akan sangat membantu di dunia kesehatan. Wah, semoga saja ya sistem robotik ini dapat segera diselesaikan oleh para peneliti, supaya nantinya para dokter dapat lebih mudah melakukan pekerjaannya dan kemungkinan sembuh bagi para pasien penyakit jantung pun akan meningkat.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s