DB2 vS ORACLE

Pada kesempatan ini penulis mencoba memberikan sedikit comparison antara DB2 Vs Oracle yang didapat dari pengalaman sehari-hari dan beberapa sumber salah satunya dari milis indo-oracle@yahoogroups.com :

1.Maintenance DB User security

DB2 : User di Database merupakan OS user dan harus exist jika mau membuat user/schema di database(O/S prespective security), gampangnya password untuk user tersebut untuk O/S dan di DB sama,bisa gak sama sih tp bakalan bikin pusing maintainnya.
Oracle : Jujur aja saya perfer kalo User di O/S dan DB beda dan gak saling berhubungan( IMO more secure) – Winner


2. Maintain tablespace

DB2 vs Oracle : hampir sama, cuma masalah kebiasaan.

3. Maintain User Previleges on DB objects

Relatif sama juga ,masalah kebiasaan lagi.

4. Table Locking Mechanism

DB2 : Nah ini nih yang menurut saya masih kurang mumpuni, karena secara default di DB2 jika kita select * from table_a maka isolation level nya table lock exclusive, ujung2 nya jadi deadlock. Biarpun udah pake minimal locking isolation level pas query(with ur), tetep aja kadang banyak yg nyangkut alias bikin orang keringet dingin kalo pas EOD(End Of Day) process jadi macet. Jujur masih gak abis mikir kenapa design nya begini( Org IBM nya juga akuin ini mereka masih terus cari solusi yg terbaik). Setiap hari jadi nangkepin deadlock session😦
Oracle : Bukan berarti 100% free deadlock, tp saya akuin jauh lebih bagus. Dan deadlock terjadi bukan gara2 satu user query Select * table_a trus jadi locking semua user yg perlu akses ke table itu. – Winner

5. Oracle direct insert(using Hint ‘APPEND’) vs DB2 LOAD – Both has it’s own strong features

Disini yang menarik, kebetulan saya lagi gantiin temen cuti buat pegang di Production pake DB2. Nah untuk loading data dari flat file ke table relatif sama speednya.Tetapi pas saya coba copy table pada DB yg sama di DB2 perintah LOAD ini sama sekali tidak generate redolog alias 100% direct transfer, kalo di Oracle saya copy menggunakan direct insert /*+ APPEND */ bagaimanapun juga akan generate redolog meskipun tidak signifikan.
Tapi ada kekurangannya juga, kalo pada saat kita lakukan DB2 LOAD dan gagal ditengah jalan dan lupa untuk terminate session tersebut secara eksplisit(harus jalanin terminate command) , maka Tablespace tempat dimana table itu jadi “PENDING STATE” alias gak bisa diakses semua object yg ada di tablespace itu🙂

6. Arsitektur Instance+DB+ alokasi memory agak berbeda.

Untuk ini yang paling terasa beda arsitektur relasi antara Instance dan DB. Lengkapnya bisa dicari di google. Puanjang penjelasannya🙂
http://www.ibm. com/developerwor ks/data/library/ techarticle/ dm-0401gupta/

7. No Truncate Table Command in DB2

Nah ini hal yg paling bikin gak abis pikir, kenapa gak ada feature Truncate Table di DB2. Bisa diakal2 in , tp beberapa kali coba bikin corrupt Database Production(padahal advice dr IBM support).

8. DB2 tidak ada yg namanya flashback, walaupun si flashback itu baru ada pada versi 10G dan tidak bisa menggunakan ASM ini juga baru ada versi 10G.

Yang baru keinget itu aja sih, mungkin bisa dikoreksi kalau disini ada yg expert di DB2🙂. MAAP kalo ada orang DB2 disini yg tersinggung. Kali2 bisa japri kasih saya solusi buat problem di DB2😀

Correct Me If I’m Wrong ….peace ah!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s